Ainan Celeste, Usia 6 tahun Jadi Ahli Kimia

Agak mencengangkan membaca judul di atas. Seorang bocah 6 tahun menjadi ahli kimia. Kalau di sini, barangkali para dosen atau rekan-rekan sesama mahasiswa bingung bagaimana cara mengajaknya nongkrong di kampus, di kafe atau mengajaknya sekadar jalan-jalan. Hehehehe barangkali dia lebih suka bermain mobil-mobilan daripada nongkrong di mal atau ngerumpi tak jelas seperti mahasiswa umumnya di sini. Oia, berita ini saya ambil dari situs kapanlagi.com. Selengkapnya baca aja berita di bawah ini.

Ainan Celeste, Ahli Kimia Termuda Dunia

Kapanlagi.com – Ainan Celeste Cawley (6) telah dinyatakan lulus mata pelajaran kimia bagi peringkat GCE O (peringkat untuk anak usia 16 tahun) dari London Edexcel. Ia tercatat sebagai ahli kimia termuda dunia.Sejak kecil Ainan, yang keturunan Melayu dan Irlandia, berminat membaca buku-buku sains khusus untuk orang dewasa di perpustakaan, kata Valentine Cawley, ketua jurusan Bahasa Inggris di sekolah Linguaphone Education, Singapura, seperti dikutip Berita Harian Singapura, Senin.

“Selepas membaca, dia juga banyak menggunakan Internet bagi kajian yang lebih mendalam,” kata Valentine Cawley.

Meski Ainan tidak membaca buku teks peringkat itu hingga July 18, 2006, ia mampu meraih peringkat Kimia GCE O pada 18 Januari 2007, tepat enam bulan kemudian, di British Council, di Singapura sebagai calon privat, katanya.

Ia mengatakan pada usia tiga hingga empat tahun, Ainan begitu tertarik kepada struktur tiga demensi yang kompleks dan melukis bentuk-bentuk 2-dimensi ini sebagai permainan.

Melalui minat dalam struktur abstrak ini, dia mulai mengenali bentuk molekul dan ilmu kimia, katanya.

“Bila adik-adiknya, Fintan dan Tiarnan bermain dia sibuk melukis,” kata ibunya, Syahidah Osman Cawley, seorang artis yang dapat melukis dengan kedua tangannya.

Syahidah mengatakan Ainan belajar sendiri tentang sains melalui internet. Pada usia 6 tahun, dia diberi buku teks peringkat O kepunyaan keluarganya lalu membaca and memberitahukan apa yang ia pahami kepada bapaknya.

Bila diberi kertas tes dari buku kimia itu, semua jawabannya betul dan kemudian bapaknya membelikannya buku teks kimia peringkat O, katanya.

Menurut rencana, Ainan akan mengambil ujian peringkat A sebelum masuk universitas sehingga cita-citanya sebagai ahli kimia termuda bisa tercapai, katanya. (*/rsd)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s